Game PC

Gim PC, juga dikenal sebagai gim komputer atau gim komputer pribadi, adalah jenis gim video yang dimainkan di komputer pribadi daripada konsol gim video atau mesin arcade. Karakteristik utamanya meliputi: perangkat keras dan perangkat lunak game yang lebih beragam dan ditentukan pengguna; dan kapasitas yang umumnya lebih besar dalam input, pemrosesan, video dan output audio. Sifat pasar game PC yang tidak terkoordinasi, dan sekarang kurangnya media fisik, membuat penilaian ukurannya menjadi sulit. Pada tahun 2018, pasar game PC global bernilai sekitar $ 27,7 miliar.

Game komputer rumahan menjadi populer setelah video game crash pada tahun 1983, yang mengarah ke era “pembuat kode kamar tidur”. Pada 1990-an, game PC kehilangan daya tarik pasar massal ke game konsol, sebelum menikmati kebangkitan di pertengahan 2000-an melalui distribusi digital.

Newzoo melaporkan bahwa sektor game PC adalah kategori terbesar ketiga (dan diperkirakan mengalami penurunan) di semua platform pada tahun 2016, dengan sektor konsol terbesar kedua, dan sektor game seluler / smartphone terbesar. 2,2 miliar pemain video menghasilkan pendapatan US $ 101,1 miliar, tidak termasuk biaya perangkat keras. “Pendapatan game digital akan mencapai $ 94,4 miliar atau 87% dari pasar global. Ponsel adalah segmen yang paling menguntungkan, dengan game smartphone dan tablet tumbuh 19% YoY menjadi $ 46,1 miliar, menguasai 42% pasar. Pada tahun 2020, seluler game akan mewakili lebih dari setengah total pasar game. China diperkirakan akan menghasilkan $ 27,5 miliar, atau seperempat dari semua pendapatan pada tahun 2017.

Permainan PC dianggap sinonim (oleh Newzoo dan lainnya) dengan sistem yang kompatibel dengan IBM Personal Computer; sementara komputer seluler – ponsel cerdas dan tablet, seperti yang menjalankan Android atau iOS – juga merupakan komputer pribadi dalam pengertian umum. Kawasan APAC diperkirakan menghasilkan $ 46,6 miliar pada tahun 2016, atau 47% dari total pendapatan video game global (perhatikan, tidak hanya game “PC”). China sendiri menyumbang setengah dari pendapatan APAC (sebesar $ 24,4 miliar), mengokohkan tempatnya sebagai pasar video game terbesar di dunia, melampaui ukuran pasar yang diantisipasi AS sebesar $ 23,5 miliar. China diperkirakan memiliki 53% pendapatan video game berasal dari game seluler pada 2017 (46% pada 2016).

Game Mobile

Game seluler adalah game yang dimainkan di ponsel (ponsel berfitur atau smartphone), tablet, jam tangan pintar, PDA, pemutar media portabel, atau kalkulator grafik. Game paling awal yang diketahui di ponsel adalah varian Tetris pada perangkat Hagenuk MT-2000 dari tahun 1994. ‹Lihat TfM› [verifikasi gagal]

Pada tahun 1997, Nokia meluncurkan Snake yang sangat sukses. Snake (dan variannya), yang telah diinstal sebelumnya di sebagian besar perangkat seluler yang diproduksi oleh Nokia, telah menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan dan ditemukan di lebih dari 350 juta perangkat di seluruh dunia. Varian game Snake untuk Nokia 6110, menggunakan port inframerah, juga merupakan game dua pemain pertama untuk ponsel.

Saat ini, game seluler biasanya diunduh dari toko aplikasi serta dari portal operator seluler, tetapi dalam beberapa kasus juga dimuat sebelumnya di perangkat genggam oleh OEM atau oleh operator seluler saat dibeli, melalui koneksi inframerah, Bluetooth, atau kartu memori. , atau sisi dimuat ke handset dengan kabel.

Game seluler yang dapat diunduh pertama kali dikomersialkan di Jepang sekitar peluncuran platform I-mode NTT DoCoMo pada tahun 1999, dan pada awal tahun 2000-an tersedia melalui berbagai platform di seluruh Asia, Eropa, Amerika Utara dan pada akhirnya sebagian besar wilayah di mana jaringan dan handset operator modern tersedia pada pertengahan 2000-an. Namun, game seluler yang didistribusikan oleh operator seluler dan portal pihak ketiga (saluran awalnya dikembangkan untuk memonetisasi nada dering, wallpaper, dan konten kecil lainnya yang dapat diunduh menggunakan SMS premium atau biaya operator langsung sebagai mekanisme penagihan) tetap menjadi bentuk permainan marjinal hingga Aplikasi iOS Apple Store diluncurkan pada tahun 2008. Sebagai pasar konten seluler pertama yang dioperasikan langsung oleh pemegang platform seluler, App Store secara signifikan mengubah perilaku konsumen dan dengan cepat memperluas pasar untuk game seluler, karena hampir setiap pemilik ponsel cerdas mulai mengunduh aplikasi seluler.