Game OnlineTidak seperti aspek-aspek seperti pendidikan, keterampilan, pengalaman, penampilan, dan ketepatan waktu, ciri-ciri perilaku dan kepribadian seorang kandidat bisa jadi jauh lebih sulit untuk dinilai selama wawancara. Karenanya, analisis psikometri membantu kami mengukur nuansa tertentu dari perilaku manusia dengan lebih baik dan membantu profil sifat dan karakteristik secara sistematis.

Game Online Gambar

Mempekerjakan manajer hari ini, lebih mengandalkan tes psikometri yang online selama proses perekrutan mereka untuk membantu memberikan evaluasi keseluruhan yang lebih baik dari seorang kandidat dan mudah-mudahan mengamankan yang paling cocok untuk peran tersebut. Tes ini juga membantu mengukur kinerja kandidat di masa depan dan diharapkan dapat meningkatkan retensi karyawan dengan membuat keputusan perekrutan yang sukses.

Berikut adalah beberapa faktor yang membantu memahami mengapa perekrut harus menggunakan tes psikometri online dalam perekrutan mereka.

1. Informasi Standar
Ketika kandidat dinilai menggunakan prosedur standar, mereka dinilai menggunakan kriteria yang sama dan dibandingkan dengan standar pasar yang dapat diandalkan. Ini membuat netralitas terhadap proses yang terkadang dipalsukan ketika satu-satunya proses internal digunakan. Perbandingan kandidat menggunakan berbagai prosedur standardisasi dan alat penilaian psikometri yang valid, membantu merancang profil lengkap dari individu-individu ini.

2. Berlaku untuk semua Perusahaan
Menguji menggunakan ukuran psikometri tidak perlu disediakan untuk perusahaan atau organisasi yang lebih besar yang ingin merekrut lulusan baru. Organisasi yang lebih kecil dapat menggunakan tarif tersebut juga, sebagai bagian dari strategi perekrutan mereka secara keseluruhan. Penting untuk memastikan kandidat sedang diuji untuk sifat yang tepat, organisasi kecil dan menengah mungkin belum tentu menyesuaikan tes sebanyak organisasi yang lebih besar. Sebaliknya, mereka dapat digunakan untuk memberikan gambaran yang lebih umum tentang kemampuan dan kepribadian kandidat.

3. Memberikan Umpan Balik Keseluruhan
Mempertimbangkan perekrutan, wawancara identik dengan mengenal individu secara langsung untuk memutuskan apakah dia cocok dengan budaya organisasi. Namun, ini mungkin bukan satu-satunya saat kandidat menunjukkan kualitas terbaiknya. Karena kepribadian adalah masalah subjektif, kandidat dapat menjadi manipulatif atau mungkin tidak dapat menunjukkan kekuatan mereka selama pengaturan wawancara bertekanan. Penilaian psikometri memberikan tolok ukur di mana seseorang dapat membandingkan hasil dengan kandidat lain yang diprofilkan untuk peran serupa. Memperkenalkan tes semacam itu juga memberikan masukan tambahan kepada perekrut, sehingga menciptakan gambaran yang sehat dari kandidat yang bersangkutan.

4. Menghemat Waktu dan Uang
Merekrut staf baru dapat menghabiskan banyak waktu yang berharga dan juga bisa menjadi urusan yang mahal, terutama jika bakat terbaik tidak langsung ditemukan. Penilaian psikometri dapat menghemat waktu dan uang pemberi kerja karena menyediakan metode penyaringan yang efektif. Tes psikometri yang digunakan pada awal proses lamaran dapat dengan cepat mengidentifikasi orang-orang yang paling sesuai dengan organisasi Anda melalui kemampuan dan kepribadian mereka. Dengan cara ini, penilaian psikometri dapat berkontribusi dengan cara perekrutan yang lebih efisien

Game Online Video

5. Melukis Gambar Kandidat yang Sebenarnya
Penilaian psikometri dapat memberikan gambaran yang sangat baik tentang kandidat Anda – memberikan gambaran tentang kepribadian kandidat, apa yang membuat mereka tergerak dan bagaimana mereka lebih suka bekerja dalam situasi tertentu; bagaimana mereka bekerja di bawah tekanan, misalnya, dan bagaimana mereka bekerja sendiri atau sebagai bagian dari tim. Sifat dasar dari penilaian psikometri adalah bahwa mereka sulit untuk dimainkan sehingga hasil yang Anda peroleh dari setiap tes harus benar karena menunjukkan kepada Anda seperti apa kandidat Anda sebenarnya di tempat kerja. Ini berarti Anda juga akan mengetahui tidak hanya tentang kemampuan mereka tetapi seberapa baik mereka akan bergaul dengan karyawan lain di perusahaan Anda.

6. Pengujian yang Adil – Tidak Menghakimi
Pendekatan standar untuk rekrutmen adalah satu-satunya tujuan rekrutmen dan itu adil bagi kandidat karena mereka melalui proses penilaian yang persis sama. Kandidat yang melamar peran pekerjaan Anda mungkin tidak mendapatkan jenis wawancara yang sama dengan kandidat yang diwawancarai sehari sebelumnya. Penilaian psikometri juga membantu kandidat untuk menilai diri mereka sendiri dengan lebih baik. Namun, jika Anda telah menemukan kepribadian mereka benar-benar sesuai dengan perusahaan Anda, Anda mungkin dapat memanfaatkan kekuatan kandidat baru yang ditemukan di tempat lain di perusahaan. Dengan cara ini, penilaian psikometri bisa menjadi situasi win-win.

7. Fleksibilitas Penggunaan
Keuntungan lain dari penilaian psikometri bagi pemberi kerja adalah bahwa mereka dapat ditempatkan kapan saja selama proses aplikasi. Bergantung pada ukuran dan sifat organisasi Anda, mereka dapat digunakan sejak awal dalam bentuk kuesioner yang menyenangkan atau di berbagai waktu sepanjang hari di pusat penilaian. Beberapa organisasi bahkan menjalankan dua kali penilaian psikometri, di awal dan akhir proses, hanya untuk membandingkan hasil dan mengecek ulang apakah mereka mempekerjakan kandidat yang tepat.

8. Mengukur Keterampilan dan Kemampuan, Bukan Hanya Pendidikan
Banyak organisasi masih banyak menekankan pada prestasi akademik, serta pengalaman kerja sebelumnya. Ini sangat berharga sampai batas tertentu, namun, penilaian psikometri dapat digunakan untuk menutup celah dalam pencapaian akademis tersebut untuk memberi Anda gambaran lengkap tentang apa yang sebenarnya mampu dilakukan oleh kandidat Anda di tempat kerja. Sekali lagi, di sisi lain, keuntungan lain dari penilaian psikometri bagi pemberi kerja adalah dapat mengungkapkan kepada Anda jika seorang kandidat melebihi kualifikasi untuk peran yang mereka lamar.

9. Asesmen Psikometri dan Budaya Kerja
Perekrutan bukan hanya tentang mempekerjakan kandidat mana pun yang telah menunjukkan bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan itu. Sebaliknya, ini jelas merupakan persyaratan utama, Anda juga perlu mengetahui seberapa cocok kandidat dengan anggota tim lainnya yang sudah bekerja untuk Anda dan bagaimana mereka akan beroperasi dalam budaya perusahaan Anda. Seseorang yang sebenarnya lebih suka bekerja sendiri dalam suasana yang tenang, misalnya, tidak akan merasa puas atau bekerja secara maksimal jika perusahaan Anda berkembang dalam lingkungan yang bergerak cepat yang sangat bergantung pada kerja tim. Penilaian psikometri dapat membantu melakukan ini baik dengan tes kepribadian dan tes lainnya karena Anda akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana orang itu bekerja dan apa yang memotivasi mereka.

10. Konsistensi dalam Perekrutan
Keuntungan terbesar yang didorong oleh penilaian psikometri adalah – konsistensi dan standardisasi untuk merekrut kandidat baru. Setiap kandidat diberikan tes yang persis sama dan perekrut dapat menggunakan ini sebagai patokan. Sisi lain dari rekrutmen dan proses lamaran perusahaan Anda pasti valid, referensi berasal dari luar perusahaan Anda dan tempat kerja kandidat sebelumnya mungkin tidak memiliki nilai yang sama dengan tempat kerja Anda sendiri. Perusahaan sebelumnya mungkin juga sedang mencari persyaratan yang berbeda dari karyawannya.

Psychometrica adalah portal tes psikometri online / lembaga pengujian bakat yang dipromosikan oleh para profesional / psikolog dengan pengalaman 20 tahun di bidang penilaian psikometri, konseling karir, pelatihan kepemimpinan dan pembinaan. Kami memiliki serangkaian pengujian yang membantu penilaian semua tingkat manajerial termasuk staf penjualan. Tes ini dapat digunakan di berbagai industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *